Opening Ceremony Sea Games Ter-Spektakuler, Perpaduan Budaya Indonesia dan Technology Multimedia

Gallery

Upacara pembukaan SEA Games ke-26 bertajuk “Sriwijaya Sebuah Semenanjung Emas” nan megah menandai dimulainya perhelatan olahraga terakbar se-Asia Tenggara di Gelora Sriwijaya, Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Jumat malam. Tatanan panggung yang benar benar sempurna dengan perpaduan technology multimedia yang luar biasa berhasil memukau 16.000 lebih penonton yang melihatnya meskipun hujan deras mengiringi pembukaan Sea Games tersebut. Sejarah mungkin juga harus mencatat, bahwa upacara pembukaan SEA Games di kota Pempek itu termasuk yang paling spektakuler dan termegah sepanjang sejarah penyelenggaraan SEA Games.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, pada upacara yang memadukan unsur budaya Indonesia dan technology multimedia tersebut menelan biaya hingga Rp165 miliar.

SEA Games 2011 secara resmi dibuka oleh Presiden SBY pukul 21.12 WIB. Dalam sambutannya, Presiden mengucapkan syukur Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan SEA Games setelah menjadi tuan rumah pada perhelatan SEA Games 1979, 1987,dan 1997. “Harapan saya, para atlet bisa meraih prestasi tertinggi bukan untuk negaranya saja, tapi juga mengangkat prestasi olahraga kawasan ASEAN ke tingkat dunia,” ujar Presiden SBY.

Menurut Presiden SBY, ASEAN saat ini semakin dinamis dan menjadi kawasan yang diperhitungkan di dunia. Dia mengajak seluruh warga Asia Tenggara bersama mewujudkan kesinambungan ekonomi dan ketahanan kawasan. “Satu visi, satu identitas, dan satu komunitas untuk ASEAN. Ini momentum terbaik untuk bersama dan bangkit. Terima kasih kepada pihak yang penuh semangat dan energi untuk mewujudkan semua ini,”tutur Presiden SBY.

Penampilan lain yang tidak kalah spektakulernya adalah kolaborasi tiga diva asia tenggara Agnes Monica (Indonesia), KC Conception(Philipine) dan Jaclyn Victor (Malaysia) yang membawakan lagu “Together we will Shine”. Ketiga penyanyi ini menunjukkan penampilan terbaik mereka sebagai The Leading Divas in South East Asia.

Mantan atlet andalan Indonesia,Robby Darwis(sepakbola),PinoBahari (tinju), Richard Sanbera (renang), Juwana Wangsa Putri (taekwondo),dan Winarni (angkat besi) membawa bendera SEA Games dan dikibarkan di samping kaldron api utama. Untuk pembawa obor, dikerahkan atlet terbaik yang dimiliki Indonesia seperti Abbas Akbar, Nurhasanah, Purnomo, Hasan Basri, Alan Budikusuma, dan Yayuk Basuki.

Peraih medali emas Olimpiade bulutangkis, Susi Susanti, mendapat kehormatan menjadi penyala obor. Susi yang diangkat mengenakan sling terbang mengarah kaldron dan melemparkan tombak yang telah disulut api tepat pukul 21.30 WIB. Opening ceremony SEA Games XXVI dilanjutkan dengan pembacaan janji atlet dan wasit yang dibawakan Dedeh Erawati (atletik) dan Eko Sunarko (wasit tenis lapangan). Rangkaian acara spektakuler tadi malam ditutup dengan penampilan Joy Tobing yang membawakan lagu karya Presiden SBY berjudul Together We Can Rise.

Berikut sedikit Foto Spektakuler Upacara Pembukaan SEA Games XXVI

Replika bahtera yang menggambarkan kerajaan Sriwijaya.

AFP Photo

Barisan penari kolosal turut mengisi acara OC Sea Games ke-26

Barisan penari kolosal turut mengisi acara ini

Susi Susanti yang melakukan theatrical akrobatik dengan terbang melembar tombak obor ke kaldron Sea Games

Susi Susanti melemparkan tombak ke arah tungku Api Abadi SEA Games 2011

AFP Photo

Kembang api dan laser membuat pembukaan ini menjadi terlihat megah

AFP Photo

Pesta Kembang Api yang Spektakuler

Pesta Kembang Api, terlihat dari luar komplek Stadion Jakabaring

Pesta Kembang Api, tampak dari luar komplek Stadion Jakabaring

Pesta Kembang Api, terlihat dari luar komplek Stadion Jakabaring sport city

Pesta Kembang Api selama 3 menit lebih

Tampak seorang pemuda melewati komplek Stadion Jakabaring saat pesta kembang api berlangsung

Pesta kembang api menghiasi langit Komplek Jakabaring sport city-Palembang

Pengunjung yang tidak mendapatkan tiket masuk terpaksa menyaksikan dari luar Stadion Jakabaring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s