Akibat Masyarakat Sekitar Sering Meludah, Jembatan di India ini Terancam Runtuh

Standard

Sabtu pagi saat hendak tiba di sekolah, sebuah siaran radio memberitakan bahwa terdapat sebuah jembatan bersejarah dikabarkan terancam ambruk akibat ulah fatal para warga masyarakat sekitar yang berkebiasaan meludah. Howrah, itulah nama jembatan yang terletak di salah satu kota di India, Kalkuta (Howrah) yang dibangun pada tahun 1937 dengan komposisi 26.500 ton baja tersebut. Sekitar 500.000 orang dan setengah juta kendaraan lalu-lalang di jembatan itu setiap harinya. Para teknisi tengah mempertimbangkan untuk menutup baja jembatan itu dengan serat kaca untuk melindungi bagian yang telah berkarat dari ludah para pengguna jembatan tersebut.

BBC Photo

Ribuan orang yang mengunyah guthka -campuran tembakau dan jeruk- serta paan -daun pinang yang dicampur dengan kacang dan jeruk- dan meludah di jembatan.Akibatnya landasan baja jembatan itu berkarat sekitar 50% dari bentuk asli, kata ML Meena, Kepala Badan Pelabuhan Kalkuta yang bertanggung jawab memelihara jembatan itu.

Amitabha Chatterjee, teknisi yang bertanggung jawab memelihara jembatan mengatakan landasan baja jembatan menjadi merah.

“Coba lihat landasan jembatan ini. Menjadi merah karena ludah guthka dan paan. Ukuran landasan menciut menjadi setengah,” kata Chatterjee seperti dikuitp dari BBC, Sabtu (26/11/2011).

Meena mengatakan, “Kami memutuskan untuk menggunakan serat kaca guna menutupi landasan. Serat ini dapat dicuci, jadi bila ludah sudah menumpuk kami bisa cuci.”

“Proyek ini akan selesai dalam waktu tiga sampai empat bulan.”

Serat kaca penutup ini akan dibuat sedemikian rupa sehingga ludah tidak bisa mengalir ke landasan baja.

Namun pihak berwenang juga akan memasang gambar para dewa di pelapis itu sehingga orang tidak berani meludah.

“Kami akan pasang tanda ‘jangan meludah’ di penutup ini dan juga gambar para dewa sehingga orang tidak berani meludahi tempat itu,” kata seorang pejabat. [BBC]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s