Pitoong, si Google dari Indonesia

Standard

Berbicara tentang search engine atau mesin pencari, tentu sudah tidak asing dengan Google dan Yahoo, meski sebenarnya ada banyak sekali mesin pencari yang bertebaran di jagat internet, sebut saja Baidu mesin pencari dari China yang bahkan di negerinya sana mengungguli Google, masih ada lagi yang lain seperti Altavista, solusee, althweb, AOL dan masih banyak lainnya. lantas bagaimana dengan Indonesia, adakah mesin pencari yang asli hasil karya anak negeri ini ? tentu saja ada, namanya Pitoong.

Dilihat dari namanya saja sudah sangat Indonesia, nama Pitoong diambil dari kata Pitung, legenda pendekar dari Jakarta.

Sekilas melihat tampilan muka Pitoong mirip sekali dengan Google, pada awalnya saya berpikir apa ini google doodle ya, tidak ada yang sama sekali berbeda dengan google kecuali nama Pitoong, coba saja lihat di bawah kolom keyword, disitu ada dua opsi yaitu “Cari Pitoong “dan “Saya sedang beruntung”layaknya sama seperti Google.🙂

Sekarang coba kita komparasi hasil pencariannya, hasil pencarian dengan kata kunci yang sama, dalam hal ini saya coba kata “Indonesia” hasil Pitoong ada 478 juta hasil dan Google dengan 2,24 Milyar hasil, masih jauh ketinggalan dengan dedengkotnya mesin pencari, hal ini bisa dimaklumi sebagai web yang belum lama lahir. hasil pencarian yang lain yang bisa dilakukan antara lain, gambar, video, audio, PDF dan satu yang lain dari Google adalah adany fitur pencariaon Twitter yang akan menampilkan tweet terkait keyword yang kita ketik, tapi hasilnya masih minim.

Fitur lain yang tersematkan dalam Pitoong ini ada Maps, Mail dan Translate. Untuk maps masih menggunakan miliknya om google.

Semantara untuk translatenya lebih mirip google translate jaman doeloe, kemampuan pitoong ini bisa menerjemahkan 55 bahasa termasuk bahasa indonesia tentunya, beberapa bahasa masih dalam tahapan alpha. dan sedikit kelemahannya adalah belum bisa langsung menerjemahkan kata yang kita ketikkan seperti di google tetapi kita masih harus meng-klik tombol translate.

Satu lagi fitur andalan dari Pitoong adalah email, yang beralamat di mail.pitoong.com yang dikasih nama Toongmail. bisa diduga bahwa nantinya pemilik akun toongmail bisa login di pitoong.com seperti di google, login di pitoong ada di pojok kanan atas. kemungkinan si pitoong ini akan mengintegrasikan layanannya dalam satu kesatuan.

Jangan lupa ini kreatifitas anak bangsa dengan kehadiran situs mesin pencari yang indonesia banget ini perlu kita apresiasi, semoga kedepannya bisa meningkatkan layanan dan kecanggihannya, bukankan lebih baik menjadi tuan di negeri sendiri daripada menjadi budak di negeri orang.

Hidup Pemuda Indonesia !!! =D>

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11685161

2 thoughts on “Pitoong, si Google dari Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s