Forum Pelajar Indonesia Hadir Lagi

Standard

Forum Pelajar Indonesia 4 Hei, Forum Pelajar Indonesia hadir lagi tahun ini loh. Forum Pelajar Indonesia atau yang lebih akrab dikenal dengan FOR ini di tahun 2012 hadir untuk yang ke-4 kalinya. FOR merupakan wadah perkumpulan para pelajar berprestasi dari seluruh Provinsi di Indonesia. Di sana, elo semua bakalan berdiskusi bareng anak-anak dari provinsi lainnya tentang situasi di Indonesia saat ini.

Menurut pengalaman gue waktu ikutan FOR ke-3 tahun lalu (2011), asyik kok. Gue jadi kenal dengan anak-anak Indonesia dari seluruh pelosoknya. Selain berdiskusi bareng, di acara yang diselenggarakan oleh ISYF ini ntar ada kegiatan menarik lainnya juga. Waktu gue dulu kami juga ke istana Wapres sekaligus bertatap muka langsung dengan pak Wapres Boediono, pak Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, dan juga pak Menkokesra Agung Laksono.

Suasana saat pak Wapres menyampaikan pidatonya di depan para peserta FOR-3

Suasana saat pak Wapres menyampaikan pidatonya di depan para peserta FOR-3

Dan, masih banyak lagi kunjungan gue dan teman-teman lainnya saat di FOR-3 lalu.

Namu, untuk memperjelas mengenai Forum Pelajar Indonesia itu apa, dan syarat-syarat untuk ikutan FOR-4 apa-apa aja seih ? berikut sedikit liputannya🙂

RINGKASAN KEGIATAN

Forum Pelajar Indonesia (FOR Indonesia) adalah kegiatan yang menyediakan ruang seluas-luasnya untuk pelajar tingkat SMA, SMK, MA dan sederajat di seluruh Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi dalam menyampaikan ide dan gagasan mereka kepada publik. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dimulai sejak tahun 2009. Pada tahun 2011 sudah 550 alumni inti forum pelajar yang tersebar pada 189 sekolah di 30 provinsi se-Indonesia. Selama tiga tahun telah memberikan dampak pada kurang lebih 65.000 orang diseluruh Indonesia. Umumnya mereka adalah dari kalangan pelajar yang menjadi stake holders utama. Disamping itu kegiatan ini telah berhasil membangun kemitraan strategis dengan berbagai pihak yaitu pemerintah (Wakil Presiden, Pimpinan dan Anggota DPR, KPK, Mahkamah Konstitusi, Departemen dan Kementerian, lembaga tingggi negara, lembaga dan badan negara serta lainnya). Disamping itu, FOR Indonesia juga telah membangun kerjasama dengan pihak korporasi baik nasional (BUMN, BUMD dan swasta) dan Multinasional, Media, LSM, Lembaga, Komunitas dan lainnya. Kerjasama itu tercermin dalam kegiatan lanjutan yang menjadi rekomendasi, ageda kerja dan kesepakatan yang menjadi hasil dari pelaksanaan FOR Indonesia. Salah satu kekuatan dan juga kelebihan For Indonesia adalah bahwa pelajar diberikan ruang untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka sesuai dengan apa yang diminati dan ingin mereka perjuangkan. Sampai saat ini isu-isu yang berbasis MDGs, kebudayaan, dan kewirausahaan menjadi hal yang paling banyak diminati.

TEMA KEGIATAN

Tema Kegiatan Forum Pelajar Indonesia ke-4 adalah “ENERGI PELAJAR UNTUK INDONESIA”. Tema ini secara filosofis diarahkan untuk menciptakan energi positif pelajar secara individu dengan memperkuat basis pengetahuan dan keteranpilan sehingga invoasi dan kreativitas mereka dapat memberikan energi positif bagi bangsa dan negara Indonesia. Adapun topik-topik yang akan dibahas adalah Wirausaha Muda Mandiri, No Drugs No Free Sex, Tobacco Control, Education for all, Satu Pelajar Satu Pohon, 100% Indonesia , Save our Museum, Save our Nation, Gerakan Minum Susus, Ayo Cuci Tangan, Ayo Membaca, Ayo Berolahraga, Stop Korupsi, Penuhi Hak Pelajar, Stop Pekerja Anak, Sekolah Sehat, Hersih, Hijau & Kreatif, Peace Movement, Ayo Dukung MDGs 2015, Beasiswa Pelajar Indonesia, Peduli Sesama, Hidup Sehat dan Bersih, Ayo Bangun Karakter Bangsa, I Love NKRI, Parlemen Remaja, IT Goes To Schools, dan lainnya.

TUJUAN KEGIATAN

  • Menciptakan forum kreatif dan inovatif serta menggali potensi bagi pelajar dalam berbagai bidang.
  • Membangun jaringan pelajar di Indonesia.
  • Membangun kesepahaman dalam keberagaman SARA, kerjasama dan persahabatan antara pelajar Indonesia menjadi suatu keniscayaan.
  • Membangun kepedulian pelajar untuk berpartisipasi aktif dalam membangun bangsa dan negara sesuai dengan keampuannya.
  • Mendukung program pemerintah dengan mensosialisasikan program Indonesia sejahtera yang berbasis pada isu MDGs, kewirausahaan, kebudayaan dan wawasan kebangsaan.
  • Membangun karakter kebangsaan terhadap pelajar Indonesia.
  • Memberikan pengetahuan kepada pelajar tentang upaya melestarikan lingkungan dan kepedulian terhadap kesehatan.
  • Mempelopori pembentukan jaringan pelajar Indonesia sebagai ruang terbuka dan kreatif untuk menyampaikan aspirasi, beraktifitas, melakukan gerakan solidaritas dan kerjasama.

BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan Forum pelajar Indonesia ke-4 adalah Dialog Pelajar dengan (Wakil Presiden, Pimpinan DPR, Menteri, Tokoh Nasional dll), Workshop Keterampilan, Kunjungan (perusahaan, lembaga negara, museum, dll), sosialisasi topik-topik gerakan (Bundaran HI, media nasional dan lokal, dll), Penanaman Pohon, Bakti Sosial, Diskusi Kelompok, Working Group, Pentas Budaya Nusantara, Olahraga Hiburan dan lain-lain.

PESERTA KEGIATAN

Kegiatan ini akan diikuti oleh 750 orang dengan komposisi 300 peserta tetap dan 450 peserta pendukung. Adapun profil peserta sebagai berikut :

  • Peserta adalah pelajar SMA, SMK, MA dan sederajat di seluruh Indonesia.
  • Peserta mempunyai prestasi akademik dan non-akademik
  • Peserta mengisi Formulir secara online
  • Peserta diwajibkan membuat esai yang telah ditetapkan
  • Peserta diwajibkan membuat surat untuk Presiden, Wakil Presiden dan Mendiknas
  • Peserta mendapatkan rekomendasi dari sekolah dan izin orang tua

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan 3-9 Juli 2012 di Jakarta. Adapun tempat-tempat kegiatannya adalah (Gelanggang Remaja Ragunan & Kuningan, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, Bundaran HI, Gedung DPR RI, Istana Negara, Kota Tua Jakarta, Gelora Bung Karno, dan lainnya.

PELAKSANA KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Forum Pelajar dan Pemuda Indonesia bekerjasama dengan Komunitas Hijau Indonesia, Forum Wawasan Kebangsaan, Pusat pengembangan dan Pemberdayaan pemuda Indonesia dan lainnya. Untuk info lebih lanjut mengenai event-event yang dibuat oleh ISYF, silahkan Kunjungi http://www.isyf.or.id

Download Form Pendaftaran Disini

Dan, untuk mengakhiri postingan ini, berikut gue kasih sedikit video perjalanan kami para siswa/i Labschool saat diFOR-3 tahun 2011 lalu:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s