Yuk Daftar Indonesia Youth Forum 2012

Standard

Hei semuanya, yuk pada ngedaftar dirimu di IYF 2012. IYF merupakan salah satu event kepemudaan yang diselenggarakan oleh Indonesian Student and Youth Forum (ISYF). Nah, bagi kamu yang alumni Forum Pelajar Indonesia (FOR) yang merupakan salah satu event dari ISYF juga, pendaftaran Indonesia Youth Forum 2012 hingga 31 Januari lohh… Dan, bagi kamu yang bukan alumni dari Forum Pelajar Indonesia, jangan berkecil hati. Karena, pendaftarannya akan mulai dibuka tanggal 31 Januari 2012. 

 emangnya apa sih IYF itu ??? Persyaratannya apa aja sih ??? 

Nah, untuk memperjelas semuanya, berikut sedikit cuplikannya🙂

RINGKASAN KEGIATAN
Indonesia Youth Forum (IYF 2012) Forum Pemuda Indonesia adalah kegiatan yang menyediakan ruang seluas-luasnya untuk Pemuda usia 15-25 tahun di seluruh Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi dalam menyampaikan ide dan gagasan mereka kepada publik. Kegiatan ini akan membahas pada tema tentang peran pemuda dalam pencapaian MDGs 2015. Tema tersbeut penting mengingat Indonesia menjadi salah stau negara yang mempunyai komitmen untuk melaksanakan deklarasi MDGs yang ditandatangani pada tahun 2000. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari peringatanInternational Youth Day 2012. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 5-9 Juli 2012 oleh Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Indonesia.
 LATAR BELAKANG
  • Data kependudukan berdasarkan hasil SUSENAS bulan Agustus 2010 adalah bahwa julah penduduk Indonesia 237.556.363 jiwa. Usia penduduk 15-30 hampir mencapai 90 juta jiwa. Tentunya jumlah tersebut sangat signifikan secara kuantitatif, tetapi belum tentu secara kualitatif.
  • Pemuda Indonesia secara kualitatif masih jauh dari harapan. Permasalahan kekerasan, tawuran, free sex, penggunaan narkoba, dan lain-lain adalah problem yang dihadapi Pemuda dan bangsa saat ini. Salah satu sebanya adalah ruangnya ruang dan media kreatif dan inovatif bagi mereka.
  • Kekuatan Pemuda sangat penting untuk memperkuat dan meneguhkan komitmen kebangsaan dalam berbagai bidang menjadi suatu keniscayaan, sehingga Pemudamampu menjawab tantangan zaman setiap saat.
  • Kebutuhan forum-forum inovatif dan kreatif menjadi keniscayaan bagi pemuda untuk mempebrdayakan postensi mereka.
  • Keberagaman Indonesia tentunya juga terjadi pada keberagaman Pemuda dalam berbagai hal Keberagaman tersebut tentunya menjadi positif apabila satu sama lain saling mengenal dan bertemu secara langsung dalam sebuah forum kreatif dan inovatif.  Sehingga Pemuda dapat berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara.
  • Kebutuhan akan jaringan Pemuda di Indonesia yang mengembangkan program-program kreatif dan inovatif.
TEMA KEGIATAN
Tema Kegiatan Forum Pemuda Indonesia adalah “We Support For MDGs 2015” tema ini sangat penting mengingat Target Pembangunan Milenium adalah komitmen bersama dari negara-negara di dunia yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Indonesia mempunyai tanggung jawab besar untuk mencapat target tersebut pada tahun 2015. Dalam forum ini, teman-tema MDGs akan diimplementasikan dalam tema-tema yang cocok dengan topik-topik Youthpreneurship; Volunterism, YES WE Care: Parlemen Pemuda Indonesia; I Love NKRI, 100 % Cinta Indonesia; AYO Berolahraga; Gerakan Peduli Sanitasi Air; Sekolah Hijau, Sehat, Bersih dan Kreatif, dan lain-lain.
TUJUAN KEGIATAN
  • Menciptakan forum kreatif dan inovatif serta menggali potensi bagi Pemuda dalam berbagai bidang, khususnya yang terkait dengan MDGs.
  • Membangun jaringan Pemuda di Indonesia.
  • Membangun kesepahaman dalam keberagaman SARA, kerjasama dan persahabatan antara Pemuda Indonesia menjadi suatu keniscayaan.
  • Membangun kepedulian Pemuda untuk berpartisipasi aktif dalam membangun bangsa dan negara sesuai dengan keampuannya.
  • Mendukung program pemerintah dengan mensosialisasikan program Indonesia sejahtera yang berbasis pada isu MDGs, kewirausahaan, kebudayaan dan wawasan kebangsaan.
  • Membangun karakter kebangsaan terhadap Pemuda Indonesia.
  • Memberikan pengetahuan kepada Pemuda tentang upaya pencapaian MDGs.
  • Mempelopori pembentukan jaringan Pemuda Indonesia sebagai ruang terbuka dan kreatif untuk menyampaikan aspirasi, beraktifitas, melakukan gerakan solidaritas dan kerjasama.
OUTPUT KEGIATAN
  • Terbentuknya forum pemuda kreatif dan inovati yang lebih banyak di berbagai daerah di Indonesia dalam mensukseskan MDGs 2015.
  • Bertemunya Pemuda dengan berbagai pihak pemegang kebijakan baik pemerintah, korporasi, media dan lainnya untuk bekerjasama dalam pencapaian MDGs 2015.
  • Terbentuknya jaringan yang lebih luas dengan menargetkan terbentuknya tambahan 10 komunitas Pemuda Penggiat MDGs pada tahun 2013. 
  • Terbangunnya kesepahaman kesepahaman dalam keberagaman SARA, kerjasama dan persahabatan dikalangan antara PemudaIndonesia.
  • Tersosialisasnya program-program pemerintah yang terkait dengan MDGs dikalangan pemuda.
  • Pemuda memahami Youthpreneurship; Volunterism, YES WE Care: Parlemen Pemuda Indonesia; I Love NKRI, 100 % Cinta Indonesia; AYO Berolahraga; Gerakan Peduli Sanitasi Air; Sekolah Hijau, Sehat, Bersih dan Kreatif, dan lain-lain.
  • Adanya rekomendasi dan strategi aksi dari IYF 2012 kepada semua pihak dan rencana implementasinya di tingkat nasional dan daerah.
BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan Forum Pemuda Indonesia adalah Dialog Pemuda dengan (Wakil Presiden, Pimpinan DPR, Menteri, Tokoh Nasional dll), Workshop Keterampilan, Kunjungan (perusahaan, lembaga negara, museum, dll), sosialisasi topik-topik gerakan (Bundaran HI, media nasional dan lokal, dll), Penanaman Pohon, Bakti Sosial, Diskusi Kelompok,  Working Group, Pentas Budaya Nusantara, Olahraga Hiburan dan lain-lain.  


PESERTA KEGIATAN

  • Kegiatan ini akan diikuti oleh 250 orang dengan komposisi 200 peserta tetap dan 50 peserta pendukung. Adapun profil peserta sebagai berikut :
  • Peserta adalah Pemuda usia 15-25 tahun di seluruh Indonesia.
  • Peserta mengisi Formulir secara online
  • Peserta diwajibkan membuat esai yang telah ditetapkan dengan tema Suara Untuk Menteri Pemuda dan Olahraga
  • Peserta diwajibkan mengirim surat keterangan sehat
WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan 5-9 Juli 2012 di Jakarta. Adapun tempat-tempat kegiatannya adalah (Gelanggang Remaja Ragunan & Kuningan, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, Bundaran HI, Gedung DPR RI, Kota Tua Jakarta, Gelora Bung Karno, dan lainnya.
PELAKSANA KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Indonesia Adapun susunan Panitia sebagai berikut :
Penanggung Jawab               : A. Fajar Kurniawan, M.Si
Ketua Panitia                         : Nabiel Karamy
Sekretaris Panitia                  : Hanif Pasha
Bendahara                             : Farid Suparman
 Koordinator Bidang
Acara                                      : Ilham Muh. Firdaus
Administrasi dan Peserta          : Gugun Gimilar
IT & Publikasi Media                 : Deni Murdiani

   

INFORMASI
Rekening Panitia
Bank               : Bank Mandiri KCP Tangerang Graha Karnos
No. Rek           : 101-00-0558700-9
A.N.                 Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Indonesia
Alamat Korespondesi :
Griya Jakarta Pamulang  Blok B9/18
Pamulang, Tangerang Selatan 15417
Telp /fax : 021- 74646097 /021-70684462
e-mail : isyf.office@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s