Nabi Palsu Beraksi (Lagi) Melalui Dunia Maya

Standard

Beberapa bulan yang lalu, seseorang asal Lampung mengaku seorang nabi yang sempat menghebohkan jagat raya Indonesia, dan kini ia unjuk gigi melalui dunia maya. Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, hidup sudah semua serba canggih dan modern, ternyata tak membuat nabi palsu ini tinggal diam. Seolah tidak ingin ketinggalan jamanūüėÄ nabi palsu pun mulai memikat para pemirsa melalui dunia maya. Dan saya kali ini adalah salah satu yang ‘diundang’ agar menjadi pemirsa setia sang nabi palsu tersebut.¬†

Beberapa waktu lalu sebuah email¬†atau surat elektronik masuk ke salah satu akun email saya. Email dikirim pada tanggal 22 Agustus 2012 dengan subject¬†atau judul email,¬†Introduction to faith¬†(Pengantar kepada Keimanan).¬†Chandra Adnan Rasyad adalah sang pengirim email tersebut yang tak lain merupakan nabi palsu yang notabennya adalah seorang bekas tukang las yang pada pertengahan 2008 silam ‘pernah’ digelandang aparat dari Poltabes Bandar Lampung.¬†

Sebahagian isi email dari nabi palsu
Ini bukanlah kali pertama. Pada bulan Mei silam, beberapa awak media juga sempat menerima email dari sang nabi palsu tersebut. Namun yang diangkat menjadi pemberitaan adalah yang menimpa salah satu dari awak redaksi media hidayatullah.com. Pada berita yang dirilis Kamis, 3 Mei 2012, pihak hidayatullah.com menyebutkan bahwa salah satu dari awak redaksinya kembali menerima surat elektronik yang dikirm atas nama Chandra Adnan Rasyad dengan judul,  Message Je’sus about the coming of the Son of Man (Risalah : Pesan nabi Isa tentang kedatangan anak manusia).

Isi email yang dikirimkan relatif sama. Namun, email yang dibuat dalam dua bahasa, Inggris dan Bahasa Indonesia ini mempunyai perbedaan di judul dan juga jumlah lampiran artikel. Pihak  hidayatullah.com menyebutkan menerima 4 lampiran artikel sedangkan yang saya terima tidak tanggung-tanggung yang mencapai 10 artikel. 

Lampiran artikel

Di akhir suratnya,¬†Chandra selalu tak lupa menabalkan diri sebagai, “Utusan dari Tuhan semesta alam” dan sebagai “Anak manusia yang dijanjikan Allah melalui perkataan Nabi Isa”.¬†

Kemudian Ia pun menyertakan beberapa nomor kontak dan mempersilahkan siapa saja untuk menghubungi bagi yang menurutnya ingin mencari kebenaran. 


Penutup surat

“Dan bagi yang ingin memperdebatkan ayat-ayat Allah sebaiknya anda tidak usah menghubungi saya, karena akan mempercepat azab Allah diturunkan kepada anda,” tutupnya.

Renungan: 

Sebagai seorang Muslim, diantara doktrin yang wajib dipegang dan dijunjung tinggi adalah mengimani risalah nabi Muhammad saw. Doktrin/Keyakinan yang merupakan bagian dari aqidah islam ini yang sangat prinsip dan tidak bisa ditawar-tawar. Mustahil seseorang disebut sebagai Muslim, bila mengingkari nabi Muhammad saw.
Meyakini kerasulan dan kenabian nabi saw menuntun seorang Muslim untuk bersikap bagaimana seharusnya. Seorang Muslim wajib meyakini bahwa beliau saw adalah nabi Alloh, rasul dan hamba-Nya yang terpilih. Seutama-utama beliau, beliau adalah manusia, bukan malaikat apalagi Tuhan. Beliau makan, minum, tidur, menikah, bercanda, bersedih, marah, dan berjalan di pasar. Beda antara kita dengan beliau adalah risalah kenabian yang diterimanya. 

‚Ä̬†Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa”. (QS. Alkahfi 110)

Kini banyak faham dan pemikiran menyimpang di tengah-tengah kita. Faham atau pemikiran menyimpang itu menjerumuskan seseorang ke dalam kesesatan. Lebih berbahaya lagi, pemikiran sesat itu banyak diekspos dan disebarluaskan melalui media cetak dan televisi. Bahkan, disponsori dan didukung oleh orang cerdik pandai, bukan orang bodoh atau awam.
Di antara faham sesat yang menghantui ummat islam adalah masalah menyikapi kerasulan Muhammad saw.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s