Labschool EXPO II, 8-10 Desember 2012

Standard

Setelah sukses menggelar pameran pendidikan pada tahun 2010 silam, SMA Labschool Unsyiah kembali akan menggelar expo pendidikan pada 8 hingga 10 Desember mendatang. Labschool expo kali ini mengambil tema “Pendidikan Abad 21”, dengan subtema “Melek IT, Problem Solving, Berpikir Kritis, Kerja Sama dan Go Green”.

Berbeda dengan expo yang pertama pada tahun 2010 silam, bentuk kegiatan Labschool Education Expo kali ini terdiri dari pameran pendidikan, perlombaan dan kegiatan training untuk guru.

 Pameran Pendidikan Sekolah Laboratorium Unsyiah, antara lain:
  • Menampilkan profil Sekolah SMA Laboratorium Unsyiah,
  • Mensosialisasikan isu pendidikan abad 21
  • Mensosialisasikan isu lingkungan hidup dalam dunia pendidikan abad 21
  • Membangun kesadaran masyarakat yang peduli lingkungan
  • Menampilkan proses dan hasil pembelajaran (kurikulum sekolah),
  • Memodelkan budaya komunitas sekolah,
  • Mendemonstrasikan penggunaan ICT dalam pembelajaran,
  • Mewujudkan proses pembelajaran yang berkelanjutan,
Jenis Perlombaan antara lain:
  • Cerdas Cermat,Lomba ini diadakan untuk tingkatan SMP yang berbentuk lomba pertim yang terdiri dari 3 (tiga) orang. Materi yang diperlombakan pada cerdas cermat adalah menguji pengetahuan sains dan umum siswa setingkatan SMP. Peserta diikuti oleh sekolah-sekolah setingkat SMP se-Banda Aceh dan sekitarnya yang dibatasi maksimal 16 (enam belas) tim. Pemenang terdiri dari juara 1, 2, 3 dan harapan.
  • English Debate,Lomba ini diadakan untuk tingkatan SMA se-Banda Aceh dan sekitarnya. Setiap sekolah hanya boleh mengirimkan 1 (satu) tim mewakili sekolahnya yang terdiri dari 3 (tiga) orang, peserta dibatasi maksimal 10 (sepuluh) peserta tim. Pemenang terdiri dari juara 1, 2, dan 
  • Labschool Band Competition (LBC),Terbagi menjadi 2 (dua) bentuk lomba yaitu lomba setingkat SMP se-Banda Aceh dan sekitarnya serta tingkat sekolah SMA Laboratorium Unsyiah yang merupakan ajang tahunan yang dipersembahkan oleh OSIS SMA Laboratorium Unsyiah, dan dikarenakan adanya Labschool Education Expo II maka ajang menjadi rangkaian kegiatan pameran pendidikan yang diadakan oleh sekolah. Setiap peserta kompetisi ini diharuskan menampilkan 2 (dua) lagu yaitu lagu wajib dan lagu pilihan yang telah ditentukan sesuai dengan tema LBC tahun ini. Untuk kompetisi SMP peserta dibatasi menjadi 10 (sepuluh) tim, sedangkan pada kompetisi sekolah pesertanya adalah tim perwakilan masing-masing kelas. 
  • Lomba Tari Tradisional,Perlombaan ini merupakan rangkaian kegiatan di stand seni dan kreatifitas yang dipentaskan di panggung utama. Pilihan tarian yang diperlombakan merupakan pilihan antara Likok Pulo, Ratoh Rajo dan Laweut, peserta pertimnya paling banyak terdiri dari 13 (tiga belas) orang yang akan memperebutkan juara I, II dan III. Peserta terbatas 10 (sepuluh) tim dari sekolah setingkat SMP se-Banda Aceh dan sekitarnya.
  • Product Recycle,Akan diperlombakan keterampilaan menghasilkan produk daur ulang yang berasal dari sampah atau barang bekas. Selain terbuat dari bahan bekas, produk tersebut juga harus aman bagi kesehatan, bernilai seni dan memiliki nilai jual di masyarakat. Tujuan diadakannya lomba ini adalah agar siswa setingkat SMP dan SMA maupun masyarakat mampu berpikir kritis bagaimana caranya mengolah sampah dan bahan bekas sehingga tidak semakin meresahkan karena jumlahnya yang tidak dapat dikontrol lagi. Hasil karya peserta lomba ini kemudiannya akan dipamerkan di stand lingkungan hidup.
Kegiatan Training untuk Guru :
  • In House Training (IHT)
  • Internasional Teacher Training
Tidak hanya itu, di Labschool Expo II juga akan ada mini workshop IT dan juga games serta doorprize di setiap stand yang ada. Pada acara Labschool Expo II dijadwalkan juga akan berlangsung penanaman pohon bersama Walhi dan launching gerakan 1 student 1 tree dalam aksi nyata Labschool Aceh peduli lingkungan.

Labschool Expo II akan berlangsung tiga hari sejak 8-10 Desember 2012 di kampus SMA Labschool Unsyiah, Darussalam. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis untuk masuk ke arena pameran.

Untuk informasi dan formulir pendaftaran perlombaan, kunjungi laman resmi SMA Labschool Unsyiah di labschoolunsyiah.sch.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s