Banjir Jakarta dan Simpati Dunia

Standard
foto: Guardian.co.uk
Hujan deras yang mengguyur daerah Jakarta, Bogor, dan sekitarnya berawal pada Senin (14/1) malam hingga Selasa (15/1) dinihari membuat seluruh bendungan air tidak mampu menahan banyaknya debit air yang berujung dengan meluapnya kali / sungai Ciliwung, yaitu sungai yang berhulu di daerah dataran tinggi Kabupaten Bogor. Setiap kali hujan turun dengan intensitas yang tinggi, maka sungai Ciliwung ini mendapatkan andil besar terhadap banjir di ibu kota, pasalnya sungai ini mengalir dan melalui tengah kota Jakarta dan melewati pemukiman padat penduduk. 
Sejak Selasa (15/1) malam berbagai wilayah sudah digenangi banjir tak terkecuali Jalan Kyai Haji Abdullah Syafi’ie, yang menutup akses jalanan dari Flyover Kp. Melayu hingga Flyover Tebet. Di daerah ini menurut amatan langsung saya pada Rabu (16/1), air mencapai dada orang dewasa atau sekitar 1,5 meter. Tidak jauh dari sini saya juga sempat tidak sengaja mengunjungi daerah Bukit Duri., dimana di daerah ini terdapat Sekolah Menengah Atas bertaraf Internasional yang selalu pasti disaat hujan lebat para siswanya sudah dapat dipastikan libur, SMA 8 Jakarta. Tiga Puluh meter menuju SMA 8 melalui Jalan Bukit Duri Tanjakan, jalanan sudah ditutup. “Udah gak bisa dilewatin lagi. Mending muter balik aja. Air disana sudah segini-“, ungkap salah seorang warga sampil menunjukkan ketinggian air yang mencapai dada orang dewasa. 
Rabu (16/1) malam hingga Kamis (17/1) pagi hujan kembali mengguyur Bogor, Jakarta, dan sekitarnya. Hujan dengan intensitas tinggi membuat daerah di ibu kota yang sebelumnya belum kering dari air kembali harus mendapatkan debit air yang lebih banyak. Tak terkecuali daerah-daerah yang sebelumnya tidak terkena banjir seperti Bunderan Hotel Indonesia (HI) dan juga kantor presiden, Istana Negara.
foto: straitstimes.com
foto: thetimes.co.uk
Banjir Jakarta menjadi sorotan dunia. Berbagai media luar negeri memberitakan banjir Jakarta. Olehkarena itu gambar-gambar yang saya lampirkan seluruhnya diambil dari media online luar negeri. 
Aksi simpati banjir Jakarta juga mulai bermunculan di dunia maya. Seluruh warga twitter menjadikan sebuah tagar atau hasteg untuk bencana banjir Jakarta, #PrayforJakarta. Hastag tersebut menjadi Trending Topic nomer 1 untuk wilayah Indonesia.
Banyak juga kalangan seleb twit seperti para pemain bola, artis, dan musisi yang aktif di twitter menaruh simpatinya terhadap banjir Jakarta.

~ Rio Ferdinand – Pemain Manchester United

~ Official Liverpool FC

~ Choi Siwon – Personil Super Junior

~ Jordan Jansen – Penyanyi Australia

Selain kicauan warga twitter, banjir Jakarta juga mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian nomor satu dunia, Google, dengan kata kunci Jakarta Flood.

Hal tersebut juga akibat dari pemberitaan yang banyak diliput oleh beragam media online dari manca negara seperti CNN, Wall Street Journal, Voice Of America, ABC News, Getty Images dan masih banyak lainnya.

Semoga dengan adanya banyak pemberitaan di dunia maya ini akan membuat seluruh penanggulangan bencana banjir Jakarta ini akan lebih mudah dengan adanya simpati dari negara yang ingin memberikan bantuan untuk meringankan pemerintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s