Masalah Sosial

Standard
foto: papermaster.com

Masalah sosial, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sudah sering bahkan sangat sering kita dengar berbagai berita yang menyinggung mengenai masalah sosial. Atau bahkan masalah sosial itu sendiri sudah terjadi di sekitar kita. 

Namun sebahagian pembaca ataupun masyarakat lainnya masih belum tau apa sih masalah sosial itu ? Kadang pula ada sekelompok masyarakat yang tidak menyadari bahwa di komunitas masyarakat itu sedang terjadi atau tumbuh dan berkembang suatu masalah yang melanggar atau tidak sesuai dengan nilai-nilai norma dan atau peraturan yang berlaku, yang disebut dengan masalah sosial. 
Masalah Sosial adalah suuatu masalah yang tumbuh dan/atau berkembang dalam kehidupan komunitas, di mana masalah itu dianggap kurang atau bahkan tidak sesuai dengan nilai -nilai dan/atau norma-norma sosial dalam komunitas tersebut.
Layaknya negara berkembang lainnya, Indonesia tidak terlepas dengan suatu persoalan yang sulit “sembuh” yaitu tidak lain dan tidak bukan mengenai masalah sosial. 
Sepert yang telah saya utarakan sebelumnya di atas, ada sekelompok masyarakat yang tidak menyadari atau tidak menganggap bahwa di komunitas atau di daerahnya sedang terjadi masalah sosial, karena masalah sosial itu telah menjadi suatu budaya di daerah tersebut. Padahal sudah jelas bahwa apa yang sudah menjadi suatu budaya dari masyarakat tersebut sudah menimbulkan masalah bagi orang lain dan juga lingkungan sekitarnya.
Di Indonesia terdapat beberapa masalah sosial seperti:
  1. Kemiskinan,
  2. Pendidikan,
  3. Pengangguran, 
  4. KKN
  5. Kesenjangan sosial, 
  6. Kemacetan lalu lintas
  7. Kedisiplinan yang kurang
  8. … dan masih banyak lainnya. 
Semoga saja berbagai masalah sosial yang ada saat ini di Indonesia khususnya dapat segera terselesaikan ,karena jika tidak masalah sosial itu semua akan terus menghambat berbagai sektor untuk kemajuan bangsa kita ini. 
—————————————-
Tulisan ini adalah salah satu tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar
Referensi:
anneahira.com/masalah-sosial-16717.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s